10 Kunci Temukan Jati Diri Sejati

Januari 7, 2007 at 7:43 am (Psikologi Diri)

Ketergesaan dalam kehidupan modern, yang bergerak serba cepat, seringkali membuat kita melupakan diri sendiri dan kehilangan kendali. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membawa kita kembali ke diri sejati. Berikut 10 kekuatan yang dapat mengarahkan kita kembali ke diri sendiri dan menemukan sebuah kedamaian.

1. Hadir

Hiduplah untuk saat ini. Masa lalu telah berlalu. Anda tak akan pernah dapat kembali dan mengulang masa-masa itu lagi, pun Anda tak akan dapat menghidupkan kembali apa yang ada di masa lalu. Kehidupan ini adalah apa yang sedang Anda jalani saat ini, tak peduli apapun yang telah terjadi. Itu semua nyata dan sempurna. Jangan menengok ke belakang ataupun terlalu memikirkan apa yang akan terjadi di masa mendatang. Pikiran kita selalu menciptakan berbagai percakapan yang mengembangkan rasa takut dan membuat kita berusaha menyelamatkan diri. Katakan pada pikiran Anda yang sibuk
berbicara itu: ‘Terima kasih telah bersedia berbagi’ dan yakinkan ‘Aku di sini, aku ada untukmu.’ Setiap hari, kita semua harus selalu membuat pilihan dan Andalah yang paling tahu bagaimana membuat hari yang Anda jalani jadi indah.

2. Bersatu Dengan Alam

Duduklah di rerumputan atau di bawah sebuah pohon. Rasakan putaran bumi, keagungan angkasa raya, dinginnya udara yang menerpa wajah Anda, atau kehangatan sinar matahari pagi. Tersenyumlah pada langit yang luas, ucapkan salam pada lebah yang beterbangan dan semua binatang yang Anda jumpai. Berjalan-jalanlah di taman atau mendaki perbukitan. Kedekatan dengan alam dapat membawa kesadaran betapa Anda bagian dari jagat raya yang maha luas ini.

3. Berolahrga

Berolahraga secara teratur memberi jeda pada pikiran Anda yang terus berkecamuk, membantu memperlancar peredaran darah, membersihkan racun dari tubuh, dan memberi Anda energi serta banyak keuntungan lain. Pilihlah aktivitas yang memberi Anda kesenangan dan buat perpaduan. Lakukan jalan sehat di satu hari dan latihan Yoga di hari berikutnya. Ikuti latihan erobic dan bertemu banyak orang. Banyak sekali daftar kegiatan yang dapat Anda pilih.

4. Spiritual

Kenali dan sadari Anda adalah pribadi yang penting dan unik. Lakukan meditasi, atau duduk tenang di kesunyian, dan nikmati saat-saat itu. Baca buku-buku keagamaan atau panduan kepribadian yang membawa pesan positif dan membuat Anda merasa kuat. Jangan lupa bersyukur atas kesehatan yang Anda miliki, rumah, orang-orang yang mencintai dan Anda cintai, teman-teman yang mengelilingi Anda, serta kebahagiaan dan kegembiraan yang melingkupi hidup Anda.

5. Memaafkan

Saatnya untuk melepaskan. Maafkan seluruh bagian diri Anda, atas segala kekurangan dan ketidaksempurnaan. Maafkan diri Anda untuk semua kesalahan yang pernah Anda buat di masa lalu, maafkan ketakutan masa kecil Anda, maafkan emosi dan kemarahan masa remaja Anda, maafkan masa dewasa awal Anda yang tak mau mengambil resiko. Maafkan kesalahan orang tua Anda, saudara kandung, kerabat dan orang-orang di masa lalu. Lepaskan semua uneg-uneg. Memaafkan membawa kedamaian dalam jiwa.

6. Bersenang-Senang

Beri kesempatan pada diri Anda untuk merasa rileks dan memanjakan diri. Baca buku yang menyenangkan. Keluarkan uang sekali-kali untuk membeli hal yang paling Anda inginkan. Lakukan kesenangan hanya untuk diri Anda sendiri.


7. Nutrisi

Dengarkan kebutuhan tubuh Anda. Penuhi kebutuhan tubuh akan makanan bernutrisi. Konsumsi vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Dengan tubuh sehat dan bugar membuat Anda selalu menghargai hidup.

8. Buang Penilaian

Berhentilah menilai dan menyalahkan. Jangan melontarkan kritikan pada orang lain ataupun diri sendiri. Ucapkan kata-kata yang memberi dorongan pada diri dan semua orang yang Anda jumpai. Terima orang lain apa adanya, lengkap dengan segala perbedaan yang mereka miliki.

9. Bantu Orang Lain

Hubungi dan ulurkan tangan pada teman yang membutuhkan. Tawarkan bantuan tanpa syarat pada orang lain. Jadilah pendengar yang baik dan benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan orang lain. Temukan cara untuk membantu orang lain mengangkat beban hidup dengan mendengarkan keluh kesah mereka.

10. Cinta

Cintai diri Anda dan gunakan kata-kata positif untuk memberi dorongan. Puji orang lain dengan tulus dan buat mereka tersenyum. Bicaralah dengan penuh kasih dan ketulusan dari dasar hati.

Kesepuluh kunci kekuatan yang disebutkan di atas bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan siapapun. Pelankan sejenak laju hidup Anda yang serba cepat, dan luangkan waktu untuk melakukan kesepuluh hal tersebut. Niscaya Anda akan menemukan keindahan hidup serta kelengkapan diri sejati Anda.

65 Komentar

  1. irwan said,

    artikelnya sangat menarik akan tetapi yang dibahas masih terlalu umum…yang saya buthkan yang lebih detail karena saya memang orang yang belum mengenal siapa diri saya sebenarnya dan selalu takut akan resiko yang akan saya ambil…tolong kalao bisa artikel yang lebih lengkap dikirim ke mail saya terima kasih…

  2. mario said,

    hi, salam kenal.

    yg pernah sy dengar, tanda orang yang telah menemukan jati dirinya adalah
    bahwa perasaanya sudah tidak terlalu lagi dipengaruhi oleh lingkungannya,
    apapun input dari lingkungan dia dapat meresponnya dengan pantas dan tidak
    menggoyahkan pikiran dan jiwanya atau perasaannya terhadap input2an itu.

    trims guys :)

  3. Tains said,

    Bahasan yang menarik, cuma kurang tajam dan terlalu umum. Isinya mungkin bisa lebih diperjelas. Selamat, salam kenal
    http://www.nistainsodop.blogspot.com

  4. wista said,

    Subhanallah
    Begitu detailnya anda menuliskan resep untuk menemukan jati diri, saya rasa memang hal tersebut masih umum bagi orang yang belum menemukan jati diri. Subhanallah saat ini saya bisa tahu dan mengerti apa yang anda tulis, salam kenal saya adalah orang yang sedang belajar menjadi orang yang berarti. Apakah anda mau jadi teman saya atau saudara saya supaya dapat saling mengingatkan. Saat ini berusaha untuk jadi lebih baik, maaf saya sungguh salut pada anda. Semoga anda jadi orang SUKSES

  5. novi said,

    assalamualaikum……………..
    alhamdulillah,, tulisan anda secara umum telah mewakili himpitan hati saya dalam menemukan kembali jatidiri saya yang telah hilang. awalnya saya memiliki konsep diri yang baik. namun, karena lingkungan dan “toleransi-toleransi”, saya kehilangan itu. bagaimana menemukannya kembali. mohon dikirim ke email saya jika berkenan. terima kasih

  6. Awiya said,

    salam damai,
    terima kasih atas apa yang telah dipaparkan dalam artikel ini. semua itu sangatlah baik bila kita mampu melaksanakannya. dan saya merasa apa yang telah saya baca merupakan sesuatu yang sangat berharga dan bermanfaat bagi kehidupan saya. yang pingin saya minta lagi, jika berkenan, saya mohon agar dikirim ke email saya tentang tips bagaimana caranya menghadapi orang-orang yang selalu merasa paling hebat, paling benar, paling baik, di lingkungan kita padahal kita tahu seperti apa sebenarnya. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya.

  7. jaka said,

    trim buat yang menulis diatas semoga panjang umur, emang klo dirasa yang diatas itu sangat membantu dalam relaksasi kehidupan namun sekarang ini musim cari uang, hutang piutang, dikantor saling mengolok-olok bagaimana bisa selalu nikmat hidup ini, terima kasih.

  8. Rio said,

    Bagus bgtzZ artikelnya…
    Tpi tolong lebih spesifik lge…

  9. Hadiansyah said,

    Sangat menrik & menyentuh di hati.
    Sangat membntu dlam khdupan ini, krena kedamaian sangat sulit di dapat jika tidak mau brusaha untuk mendapatkannya.
    Tapi itu semua pernyataan umum coba jelaskan bgaimana cara agar hidup ini tidak terasa bosan,dan semua hal yang saya lakukan menjadi berarti tidak hanya melakukan hal2 yang monoton,melakukan rutinitas yang biasa.?
    Mohon bantuany krim ke email saya. Terima kasih sekali.

  10. irma said,

    alhamdulillah, setelah membaca artikel ini saya sgt lega. saya akan coba …
    mudah2an bisa….
    klu ada yg lebih spesifik/detail tlg kirimkan ke email saya… terima kasih byk…
    smoga ALLAH SWT.. melimpahkan kebahagian pd anda..
    karna sedikit byknya anda sdh membahagiakan org lain… termsk saya.. terima kasih

  11. mezra said,

    tanpa jati diri manusia tidak akan pernah tau tujuan ,dan siapa dirinya,..,
    barang siapa yg tdk tau dg dirinya maka dia jg tdk tau dg tuhannya

  12. dexa said,

    mudah mudahan dng 10 cara ini saya bisa menemuka jati diri saya yang sejati yg selma ini saya cari >>>>>> amiennn

  13. bagus said,

    artikelnya menarik mas…tapi saya kurang setuju dengan yang menilai diri sendiri?orang lain,,kalau menilai orang lain. sih oke kita gak perlu lakukan,,tapi kalau menilai diri sendiri itu sangat penting menurut saya,,karena untuk menyadari bahwwa kita punya banyak kekuranangan dan berusaha untuk menyempurnakanya.thanks sebelumnya..kita sekalian sharing aja mas

  14. kunci temukan jati diri | ayunidesrianasaragih said,

    [...] 10 Kunci Temukan Jati Diri [...]

  15. ekklesia christanty said,

    jangan menyerah dalam menemukan jati diri..

  16. ratna said,

    takan ada jati diri bila kita sendii gak bisa merasakan cinta

  17. ratna said,

    kita takan bisa temukan jati diri bila kita sendiri gak dapat merasakan cinta dan hidup .
    saya gak tau apa saya ini nyata

  18. irfanu R said,

    minta ijin di post ulang ya biar tambah banyak pahalane
    thanks

  19. Susilo (adi) said,

    Artikel ini Cukup bagus dan bisa sedikit membantu ,masalahnya adalah artikel yabg anda tulis masih bersifat secara umum,sedangkan yang saya butuhkan adalah saran yang lebih terperinci dan lebih terfokus pada masalah yang seseorang secara individu layaknya psikolog.

  20. Susilo (adi) said,

    Artikel yang anda tulis cukup baik,hanya saja masih bersifat umum.Sedangkan yang saya butuhkan adl saran yang bersifat lebih terfokus pada masalah secara individu,layaknya seorang psikolog.

  21. deni gk mirp justin said,

    saya butuh waktu untuk menemukan jati diri saya sendir,,,saya akan berusaha untuk menjadi diri saya sendiri, be your self,(jadilah diri mu sendiri)

  22. abdul latif said,

    good…good…good…artkelnya bagus.

  23. mendi candra said,

    sangat ber manfaat, aku sangat tertarik melihatnya.

  24. badai said,

    kalau gak belajar kaji diri,,,sampai kapan pun kau tdk akan temukan jati diri dan nama diri sebenar diri mu kawan….????

  25. Lya said,

    saya suka artikel ini…

  26. ARDani said,

    terima kasih .anda menjadi bagian dari pelajaran buat saya. munkin ygasaya tanyakan adalah bgai mana menggali potensi jati diri agar eksistensidiri..bisameningkat.

  27. ARDani said,

    terima kasih tulisan.anda menjadi bagian dari pelajaran buat saya. munkin ygasaya tanyakan adalah bgai mana menggali potensi jati diri agar eksistensidiri..bisameningkat.

  28. ARDani said,

    terima kasih tulisan.anda menjadi bagian dari pelajaran buat saya. munkin ygasaya tanyakan adalah bgai mana menggali potensi jati diri agar eksistensidiri..bisameningkat…maaf koq ngoment aja ribet..

  29. ARDani said,

    . munkin yg saya tanyakan adalah bgai mana menggali potensi jati diri agar eksistensidiri..bisameningkat…maaf koq ngoment aja ribet..

  30. cak ipin said,

    thanks, sobat

  31. Hari sang melati said,

    tetap semangat

  32. Wean said,

    ternyata banyak cara untuk menikmati hidup ini..

  33. yka m. said,

    Sungguh membangun artikelnya.
    Akn lebih menarik apabila isi artikelnya lebih tajam dan spesifik.


  34. sandi said,

    ok…

  35. nepi oktasari said,

    trimakasih nada tlah mengasih tentang pencarian jati diri dan yg dulu lemah kini sekarang aq sudah bangkit lagi…………

  36. Nduk Yetty Teguh Kertoraharjo said,

    wahhh trimakasihh

  37. Nduk Yetty Teguh Kertoraharjo said,

    bagussss

  38. Jumriah said,

    Penuturanx bgs,smg sx bs menerapkanx.

  39. dian said,

    apkah anda bisa memberitahukan kepada saya apa yg di maksud bersatu dengan alam dan berikan contohh nya.

  40. feri perandana said,

    trmkasih atas artikel yg sudah anda buat,mdah mdahan sy akn tmukn jati diri saya…..

  41. jimmy said,

    Gw berkata smua kronologi ini membuat saya binggung…

  42. muchtar said,

    10 terlalu banyak..bwt aku yg pentg berserah diri ama tuhan..krn itu kunci sgala hal

  43. Anida Yuniarti said,

    sya juga merasa kurang puas dengan artikel tersebut.
    bisa lebih d’kembangkan atau d’jelaskn secara detail lagi nggak ?????????

  44. Jully Blues said,

    akan saya coba dgan ke 10 kunci itu,, semoga saya bisa menemukan jati diri saya yg sebearnya, aminnnn

  45. diky said,

    Bagus, saya akan mencoba… smga saya dpt mnemukan Jati Diri saya itu.

  46. ayu said,

    sangat melegakkan. terimakasih tulisan anda membawa pengaruh positif dalam pikiran saya.. menjawab segala kegelisahan.. syukron.

  47. aldi said,

    jadilah dirimu sendiri,,dan jangan engkau mengikuti Orang lain
    (Be yourself, and do you follow other people)

  48. Ridho Revaldo said,

    menggali apa yang ada dalam hidup /dalam diri kita adalah suatu pencapaian yang harus kita capai……………….
    karna yang namanya hidup ini selalu berubah……….
    sekarang iya ,besoknya belum tentu iya…..

  49. Hermawant Widodo Ardhatara said,

    tlong tmbhin lg dong ..
    jgn sepuluh .//
    mksihh ..

  50. ithanist said,

    tolong bantu aku temukan jati diri saya soalnya saya belum menemukan jati diri saya yang sebenarnya……

    trima kasih…

  51. Fajar said,

    Terimakasih … saya akan coba dengan sungguh2, semoga ini adalah awal dari kebahagiaan yang sesungguhnya . . .

  52. ifit sampoerna said,

    good…

  53. selvi said,

    artikelnya memang terasa sangat umum,, tetapi jika direnungkan artikel ini benar” sangat mujarab… kata” umum yang sering kita dengar tetapi kadang sangat sulit untuk dilakukan,, terima ksih telah posting artikel ini,,artikel ini sangat sangat bermanfaat dan saya telah mempelajari sesuatu yang sangat berharga dari artikel ini :)

  54. arif said,

    trma ksh byk artkel^y cukup membr masukan bg sya yg sdanx mencr jti dr sya ne spert pa sya trus memikrkn twh spert pa kah jti diri sya k dpan^y . . .

  55. bagus said,

    Thx, dengan adax artikel ini kita bisa lebih memahami jati diri kita sendiri.

  56. laki lakiu said,

    mantap

  57. fahru said,

    trimakasih saranya gan!

  58. Elsa said,

    assalamu’alaikum wr.wb
    sebenarnya sy masih bingung dg jatidiri saya
    sy merasa sy sgt buruk sekali
    pdhal sy ingin jd orang hebat. tp apa yg sy lakukan bknlah ciri org hebat.
    apa yg hrs sy lkukan?
    mohon bantuannya.terimakasih..

  59. aL said,

    Terimakasih kawan, telah mmberikan bnyak nasehat :’)

  60. titanzi said,

    assalamualaikum, ,
    10 kunci itu mampu menjawb semua pertanyaan dri anda semua. jalani saja dlu.
    ilmu itu sulit jika tdk tau, tp jika sdah tahu semuany mnjdi mudah.

    untk yg bwat, ambil dri mana tuh ? karna q jga ada. n persis sama.

  61. Sandi Kaladia said,

    MANDALAJATI NISKALA
    Seorang Filsuf Sunda Abad 21
    Menjelaskan Dalam Buku
    SANG PEMBAHARU DUNIA
    DI ABAD 21,
    Mengenai
    HAKEKAT DIRI

    Salah seorang peneliti Sunda yang sedang menulis buku
    “SANG PEMBAHARU DUNIA DI ABAD 21,
    bertanya kepada Mandalajati Niskala:
    “Apa yang anda ketahui satu saja RAHASIA PENTING mengenai apa DIRI itu? Darimana dan mau kemana?
    Jawaban Mandalajati Niskala:
    “Saya katakan dengan sesungguhnya bahwa pertanyaan ini satu-satunya pertanyaan yang sangat penting dibanding dari ratusan pertanyaan yang anda lontarkan kepada saya selama anda menyusun buku ini.
    Memang pertanyaan ini sepertinya bukan pertanyaan yang istimewa karena kata “DIRI” bukan kata asing dan sering diucapkan, terlebih kita beranggapan diri dimiliki oleh setiap manusia, sehingga mudah dijawab terutama oleh para akhli.
    Kesimpulan para Akhli yang berstandar akademis mengatakan BAHWA DIRI ADALAH UNSUR DALAM DARI TUBUH MANUSIA.
    Pernyataan semacam ini hingga abad 21 tidak berubah dan tak ada yang sanggup menyangkalnya. Para Akademis Dunia Barat maupun Dunia Timur banyak mengeluarkan teori dan argumentasi bahwa diri adalah unsure dalam dari tubuh manusia. Argumentasi dan teori mereka bertebaran dalam ribuan buku tebal. Kesimpulan akademis telah melahirkan argumentasi Rasional yaitu argumentasi yang muncul berdasarkan “Nilai Rasio” atau nilai rata-rata pemahaman Dunia Pendidikan.
    Saya yakin Andapun sama punya jawaban rasional seperti di atas.
    Tentu anda akan kaget jika mendengar jawaban saya yang kebalikan dari teori mereka.
    Sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya ingin mengajak siapapun untuk menjadi cerdas dan itu dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana.
    Coba kita mulai belajar melacak dengan memunculkan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kata DIRI, JIWA dan BADAN, agar kita dapat memahami apa DIRI itu sebenarnya. Beberapa contoh pertanyaan saya susun seperti hal dibawah ini:
    1)Apa bedanya antara MEMBERSIHKAN BADAN, MEMBERSIHKAN JIWA dan MEMBERSIHKAN DIRI?
    2)Apa bedanya KEKUATAN BADAN, KEKUATAN JIWA dan KEKUATAN DIRI?
    3)Kenapa ada istilah KESADARAN JIWA dan KESADARAN DIRI sedangkan istilah KESADARAN BADAN tidak ada?
    4)Kenapa ada istilah SEORANG DIRI tetapi tidak ada istilah SEORANG BADAN dan SEORANG JIWA?
    5)Kenapa ada istilah DIRI PRIBADI sedangkan istilah BADAN PRIBADI tidak ada, demikian pula istilah JIWA PRIBADI menjadi rancu?
    6)Kenapa ada istilah KETETAPAN DIRI dan KETETAPAN JIWA tetapi tidak ada istilah KETETAPAN BADAN?
    7)Kenapa ada istilah BERAT BADAN tetapi tidak ada istilah BERAT JIWA dan BERAT DIRI?
    8)Kenapa ada istilah BELA DIRI sedangkan istilah BELA JIWA dan BELA BADAN tidak ada?
    9)Kenapa ada istilah TAHU DIRI tetapi tidak ada istilah TAHU BADAN dan TAHU JIWA?
    10)Kenapa ada istilah JATI DIRI sedangkan istilah JATI BADAN dan JATI JIWA tidak ada?
    11)Apa bedanya antara kata BER~BADAN, BER~JIWA dan BER~DIRI?
    12)Kenapa ada istilah BER~DIRI DENGAN SEN~DIRI~NYA tetapi tidak ada istilah BER~BADAN DENGAN SE~BADAN~NYA dan BER~JIWA DENGAN SE~JIWA~NYA?
    13)Kenapa ada istilah ANGGOTA BADAN tetapi tidak ada istilah ANGGOTA JIWA dan ANGGOTA DIRI?
    Beribu pertanyaan seperti diatas bisa anda munculkan kemudian anda renungkan. Saya jamin anda akan menjadi faham dan cerdas dengan sendirinya, apalagi jika anda hubungkan dengan kata yang lainnya seperti; SUKMA, RAGA, HATI, PERASAAN, dsb.
    Kembali kepada pemahaman Akhli Filsafat, Ahli Budaya, Akhli Spiritual, Akhli Agama, Para Ulama, Para Kyai dan masyarakat umum BAHWA DIRI ADALAH UNSUR DALAM DARI TUBUH MANUSIA. Mulculnya pemahaman para akhli seperti ini dapat saya maklumi karena mereka semuah adalah kaum akademis yang menggunakan standar kebenaran akademis.
    Saya berani mengetasnamakan Sunda, bahwa pemikiran di atas adalah SALAH.
    Dalam Filsafat Sunda yang saya gali, saya temukan kesimpulan yang berbeda dengan pemahaman umum dalam dunia ilmu pengetahuan.
    Setelah saya konfirmasi dengan cara tenggelam dalam “ALAM DIRI”, menemukan kesimpulan BAHWA DIRI ADALAH UNSUR LUAR DARI TUBUH MANUSIA. Pendapat saya yang bertentangan 180 Derajat ini, tentu menjadi sebuah resiko yang sangat berat karena harus bertubrukan dengan Pendapat Para Akhli di tataran akademik.
    Saya katakan dengan sadar ‘Demi Alloh. Demi Alloh. Demi Alloh’ saya bersaksi bahwa diri adalah UNSUR LUAR dari tubuh manusia yang masuk menyeruak, kemudian bersemayam di alam bawah sadar. ‘DIRI ADALAH ENERGI GAIB YANG TIDAK BISA TERPISAHKAN DENGAN SANG MAHA TUNGGAL’. ‘DIRI MENYERUAK KE TIAP TUBUH MANUSIA UNTUK DIKENALI SIAPA DIA SEBENARNYA’. ‘KETAHUILAH JIKA DIRI TELAH DIKENALI MAKA DIRI ITU DISERAHTERIKAN KEPADA KITA DAN HILANGLAH APA YANG DINAMAKAN ALAM BAWAH SADAR PADA SETIAP DIRI MANUSIA’.
    Perbedaan pandangan antara saya dengan seluruh para akhli di permukaan Bumi tentu akan dipandang SANGAT EKSTRIM. Ini sangat beresiko, karena akan menghancurkan teori ilmu pengetahuan mengenai KEBERADAAN DIRI.
    Aneh sekali bahwa yang lebih memahami mengenai diri adalah Dazal, namun sengaja diselewengkan oleh Dazal agar manusia sesat, kemudian Dazal menebarkan kesesatan tersebut pada dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan ‘DI UFUK BARAT’ maupun ‘DI UFUK TIMUR’.
    Sebenarnya sampai saat ini DAZAL SANGAT MEMAHAMI bahwa DIRI adalah unsur luar yang masuk menyeruak pada seluruh tubuh manusia. DIRI merupakan ENERGI KEMANUNGGALAN DARI TUHAN SANG MAHA TUNGGAL. Oleh karena pemahaman tersebut DAZAL MENJADI SANGAT MUDAH MENGAKSES ILMU PENGETAHUAN. Salah satu ilmu yang Dia pahami secara fasih adalah Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu. Ilmu ini dibongkar dan dipraktekan hingga dia menjadi SAKTI. Dengan kesaktiannya itu Dia menjadi manusia “Abadi” dan mampu melakukan apapun yang dia kehendaki dari dulu hingga kini. Dia merancang tafsir-tafsir ilmu dan menyusupkannya pada dunia pendidikan agar manusia tersesat. Dia tidak menginginkan manusia mamahami rahasia ini. Dazal dengan sangat hebatnya menyusun berbagai cerita kebohongan yang disusupkan pada Dunia Ilmu Pengetahuan, bahwa cerita Dazal yang paling hebat agar dapat bersembunyi dengan tenang, yaitu MENGHEMBUSKAN ISU bahwa Dazal akan muncul di akhir jaman, PADAHAL DIA TELAH EKSIS MENCENGKRAM DAN MERUSAK MANUSIA BERATUS-RATUS TAHUN LAMANYA HINGGA KINI.
    Ketahuilah bahwa Dazal bukan akan datang tapi Dazal akan berakhir, karena manusia saat ini ke depan akan banyak yang memahami bahwa DIRI merupakan unsur luar dari tubuh manusia YANG DATANG MERUPAKAN SIBGHOTALLOH DARI TUHAN SANG MAHA TUNGGAL. Sang Maha Tunggal keberadaannya lebih dekat dari pada urat leher siapapun, karena Sang Maha Tunggal MELIPUT SELURUH JAGAT RAYA dan kita semua berada TENGGELAM “Berenang-renang” DALAM LIPUTANNYA.
    Inilah Filsafat Sunda yang sangat menakjubkan.
    Perlu saya sampaikan agar kita memahami bahwa Sunda tidak bertubrukan dengan Islam, saya temukan beberapa Firman Allohurabbul’alamin dalam Al Qur’an yang bisa dijadikan pijakan untuk bertafakur, mudah-mudahan semua menjadi faham bahwa DIRI adalah “UNSUR KETUHANAN” yang masuk ke dalam tubuh manusia untuk dikenali dan diserah~terimakan dari Sang Maha Tunggal sebagai JATI DIRI, sbb:
    1)Bila hamba-hambaku bertanya tentang aku katakan aku lebih dekat (Al Baqarah 2:186)
    2)Lebih dekat aku daripada urat leher (Al Qaf 50:16)
    3)Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kami disegenap penjuru dan pada nafasmu sendiri (Fushshilat 41:53)
    4)Dzat Allah meliputi segala sesuatu (Fushshilat 41:54)
    5)Dia (Allah) Bersamamu dimanapun kamu berada (Al Hadid 57:4)
    6)Kami telah mengutus seorang utusan dalam nafasmu (AT-TAUBAH 9:128)
    7)Di dalam nafasmu apakah engkau tidak memperhatikan (Adzdzaariyaat 51:21)
    8)Tuhan menempatkan DIRI antara manusia dengan qolbunya (Al Anfaal 8:24)
    9)Aku menciptakan manusia dengan cara yang sempurna (At Tin 95:4)
    Jawaban mengenai APA DIRI ITU. DARIMANA & MAU KEMANA (Sangkan Paraning Dumadi), akan saya jelaskan secara rinci dan tuntas pada sebuah buku.

    Di masa kini ke depan Sunda akan melahirkan Para Filsuf Handal yang siap menghancurkan kesalahan cara berpikir & manipulasi ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh Para Filsuf Dunia.
    MARI KITA MEMBUAT KARYA FILSAFAT AGAR KITA MENJADI SEORANG FILSUF, YANG BERTANGGUNG JAWAB MENGHADIRKAN KEMBALI KEBENARAN ILMU SANG MAHA PENCIPTA, sebagai mana yang dilakukan oleh Filsuf Sunda Mandalajati Niskala, yang sebagian hipotesisnya sbb:

    1) Menurut para akhli di seluruh Dunia bahwa GRAVITASI BUMI EFEK DARI ROTASI BUMI.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala SALAH BESAR, bahwa Gravitasi Bumi TIDAK ADA KAITANNYA DENGAN ROTASI BUMI. Sekalipun bumi berhenti berputar Gravitasi Bumi tetap ada.

    2) Bahkan kesalahan lainnya yaitu semua akhli sepakat bahwa panas di bagian Inti Matahari mencapai 15 Juta Derajat Celcius.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala panas Inti Matahari SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN”.
    Beliau menambahkan:“KALAU TIDAK PERCAYA SILAKAN BUKTIKAN SENDIRI”.

    3) Filsuf Sunda Mandalajati Niskala sangat logis menjelaskan kepada banyak pihak bahwa MATAHARI ADALAH GUMPALAN BOLA AIR RAKSASA YANG BERADA PADA RUANG HAMPA BERTEKANAN MINUS, SEHINGGA DI BAGIAN SELURUH SISI BOLA AIR RAKSASA TERSEBUT IKATAN H2O PUTUS MENJADI GAS HIDROGEN DAN GAS OKSIGEN, YANG SERTA MERTA AKAN TERBAKAR DISAAT TERJADI PEMUTUSAN IKATAN TERSEBUT. Suhu kulit Matahari menjadi sangat panas karena Oksigen dan Hidrogen terbakar, tapi suhu Inti Matahari TETAP SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN.

    4) Filsuf Sunda Mandalajati Niskala menegaskan: “CATAT YA SEMUA BINTANG TERBUAT DARI AIR DAN SUHU PANAS INTI BINTANG SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN. TITIK”.

    5) Menurut para akhli diseluruh Dunia bahwa Gravitasi ditimbulkan oleh adanya massa pada suatu Zat.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala: “GAYA GRAVITASI BUKAN DITIMBULKAN OLEH ADANYA MASSA PADA SEBUAH ZAT ATAU BENDA”.
    Mandalajati Niskala menambahkan: “Silahkan pada mikir & jangan terlalu doyan mengkonmsumsi buku2 Barat.

    6) Filsuf Sunda Mandalajati Niskala membuat pertanyaan di bawah ini yang cukup menantang bagi orang-orang yang mau berpikir:
    a) BAGAIMANA TERJADINYA GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    b) BAGAIMANA MENGHILANGKAN GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    c) BAGAIMANA MEMBUAT GAYA GRAVITASI DI PLANET LAIN YG TIDAK MEMILIKI GAYA GRAVITASI?

    7) Menurut para akhli diseluruh Dunia bahwa Matahari memiliki Gaya Gravitasi yang sangat besar.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala Matahari tidak memiliki Gaya Gravitasi tapi memiliki GAYA ANTI GRAVITASI.

    8) Pernyataan yang paling menarik dari Filsuf Sunda Mandalajati Niskala yaitu:
    “SEMUA ORANG TERMASUK PARA AKHLI DI SELURUH DUNIA TIDAK ADA YANG TAHU JUMLAH BINTANG & JUMLAH GALAKSI DI JAGAT RAYA, MAKA AKU BERI TAHU, SBB:
    a) Jumlah Bintang di Alam Semesta adalah 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000
    b) Jumlah Galaksi di Alam Semesta adalah 80.000.000.000.000
    c) Jumlah Bintang di setiap Galaksi adalah sekitar 13.000.000.000.000

    9) Dll produk Filsafat seluruh cabang ilmu dari Filsuf Sunda Mandalajati Niskala YANG SIAP MENCENGANGKAN DUNIA seperti Wahyu Cakra Ningrat, Trisula Weda, Sangkan Paraning Dumadi, Manunggaling Diri, Sastra Jendra, Filsafat Ilmu Pengetahuan & Jagat Raya, dll.

    Selamat berfilsafat
    @Sandi Kaladia

  62. Sandi Kaladia said,

    JAMAN BARU DATANG UNTUK MEMBUKA TABIR
    SANGKAN PARANING DUMADI
    SANGKAN PARANING DUMADI
    SANGKAN PARANING DUMADI

    Dalam Penggalian MANDALAJATI NISKALA
    Memasuki Ruang Insun,Telah Melahirkan
    Konsepsi SANGKAN PARANING DUMADI
    Yang Fitrah, Original & Sangat Anyar.
    KONSEPSI TERSEBUT BETUL BETUL BEGITU
    SEDERHANA, NAMUN SANGAT MENYERUAK
    DI KEDALAMAN YANG TANPA BATAS, sbb:

    1♥Barang siapa yang memahami NAFAS~nya,
    akan memahami rahasia HU~DA~RA~nya.
    (HU~DA~RA adalah Whitehole berupa potensi
    JAWAHAR AWAL, yang menjadi sistem
    TRI TANGTU DI BUWANA, dan jadilah ketentuan
    Tuhan SEGALA MACAM KEJADIAN
    SECARA SISTEMIK TERMASUK MANUSIA)

    2♥Barang siapa yang memahami HU~DA~RA~nya,
    akan memahami potensi HI~DI~RI~nya.
    (Potensi HI~DI~RI meliputi:
    HI adalah alam Subconcious
    DI adalam alam Concious
    RI adalah alam Heperconcious)

    3♥Barang siapa yang memahami HI~DI~RI~nya,
    akan memahami satuan terkecil DI~RI~nya.
    (Tribaka, Panca Azasi Wujud &
    Panca Maha Buta)

    4♥Barang siapa yang memahami DIRI~nya,
    akan memahami HI~DIR~nya.
    (Kesadaran Semesta = Kesadaran Manunggal)

    5♥Barang siapa yang memahami HI~DIR~nya,
    akan memahami satuan terkecil ATMA~nya.
    (Kehidupan JAWAHAR AKHIR yang mengendap
    pada Tribaka)

    6♥Barang siapa yang memahami ATMA~nya,
    akan memahami TAMAT~nya.
    (Reaktor Nuklir dari akumulasi satu
    Oktiliun Tribaka pada tubuh manusia,
    yang segera memasuki Blackhole
    untuk keluar dari Jagat Raya
    dan meledak menjadi Bigbang,
    di ruang hampa, gelap gulita,
    bertekanan minus)

    7♥Barang siapa yang memahami TAMAT~nya,
    akan memahami WIWIT~nya.
    (Ledakan Bigbang membentuk Whitehole
    yaitu berupa potensi Jawahar Awal
    di Jagat Raya Baru)

    Peringatan dari Mandalajati Niskala:
    “JIKA ANDA SULIT UNTUK MEMAHAMI,
    LEBIH BAIK ABAIKAN SAJA. TERIMA KASIH)
    ════════════════════════════
    Syair Sunda:
    JAWAHAR AKHIR NGARAGA~DIA
    ditulis ku Mandalajati NIskala

    Atma na sakujur raga.
    Hanargi museur na tazi.
    Bobot Bentang JAGAT RAYA panimbangan.
    Paeunteung eujeung.

    Ziro sazironing titik Nu Maha Leutik.
    Madet dina JAGAT LEUTIK.
    Gumulung sakuliahing cahya.
    Ngahideung Nu Maha Meles.
    Ngan beuratna Maha Beurat.

    Insun gumulung nu Tilu NGAMANUNGGAL;
    PARA~TRI~NA, NI~TRI~NA jeung
    HOLIK~TRI~NA dina Jawahar Akhir.

    Tandaning Insun lulus nurubus.
    Lolos norobos, Robbah lalakon.
    Kaluar tina Sapanunggalan Gusti Nu Maha Suci.
    Bitu ngajelegur.
    Manggulung-gulung kabutna.
    Huwung nungtung ngahujung.

    Jadi jumadi ngajadi.
    INSUN ROBBAH NGARAGADIA.
    Gelar Ngajawahar Awal.
    Gusti papanggih jeung Gusti.
    Dina babak carita SAWA~RAGA~ANYAR.

    Ahuuung Ahuuung Ahuuung Aheeeng.
    ════════════════════════════
    Artikulasi Sunda:
    PANTO JAWAHAR AWAL
    KA PANTO JAWAHAR AKHIR
    ditulis ku Mandalajati NIskala

    Manusa sategesna bagian ti Gustina.
    Kum eusi samesta KOKOJAYAN
    di jero HAWA~K GUSTI NU MAHA AGUNG
    (Zibghotulloh).

    Sagala rupa kaasup Manusa MANUNGGAL
    DINA JERO HAWA~K GUSTI NU MAHA AGUNG
    (Sapanunggalan).

    Gusti NU MAHA AGUNG mibanda TILU
    ENERGI PRIMER (Tri Tangtu Di Buwana),
    nu gumulung jadi tunggal tampa wates
    disebut;
    JAWAHARA HAWAL WAL HAKHIR (JHWH)

    SANG MAHA AGUNG
    nyaeta “JHWH” dina CAKUPAN ALAM MAKRO,
    mibanda:
    Energi “HU” Acining Cahi,
    Energi “DA” Acining Taneuh,
    Energi “RA” Acining Seuneu.
    Tiluanana Gumulung dina SAJATINING HUDARA,
    salaku PANTO HAWAL Zat Abadi Makro,
    nu disebut JAWAHAR HAWAL WHITEHOLE,
    nyaeta proses DIA NGAJADIKEUN INSUN.

    SANG MAHA LEMBUT
    nyaeta “JHWH” dina CAKUPAN ALAM MIKRO,
    mibanda:
    Energi “HU” Proton,
    Energi “DA” Netron,
    Energi “RA” Elektron.
    Tiluanana Gumulung dina SAJATINING HATOM,
    salaku PANTO HAKHIR Zat Abadi Mikro,
    nu disebut JAWAHAR HAKHIR BLACKHOLE,
    nyaeta proses INSUN JADI DIA.
    ════════════════════════════
    Filsuf Sunda MANDALAJATI NISKALA, sbg:
    Zaro Bandung Zaro Agung
    Majelis Agung Parahyangan Anyar.

    Klik di google Mandalajati Niskala
    BACALAH SELURUH SULUR BUAH PIKIRANNYA.

    Pengirim Komentar:
    @Sandi Kaladia

  63. rahmat said,

    Mohon dijelaskan manusia apa bisa menemukan guru sejati tanpa ada pembimbing(guru) sdngkan keyataannya nabi muhammad saw bisa, dan ketulusan dalam mencapai menemukan guru sejati itu apa saja dalam kehidupan kita sehari2

  64. Mohammad Syafiuddin said,

    jati diri saya bisa diketahui bagaimana cara mengendalikan nafsu yang berlebihan & banyaklah bersyukur atas nikamat dari ilahi, tpi kirimkan juga jika ada tambahan pengetahuan untuk mengenal diri kita sebelum lingkungan kita yang akan menegenal kita

  65. Reza Hafizh said,

    gak nyangka banyak juga yg cari jati diri disini pppppffffffttttttttt :v

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

